Detail Cantuman Kembali

PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017

Jenis penelitian ini adalah ex post facto, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini interaksi teman sebaya (X1) dan kebiasaan belajar (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika (Y) sebagai varibel terikat.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 288 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 5 kelas yang terdiri dari 176 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian, terdiri dari angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang interaksi teman sebaya dan kebiasaan belajar, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sebelum penelitian dilaksanakan, instrumen diuji cobakan telebih dahulu pada kelas yang tidak termasuk dalam sampel penelitian, yaitu kelas VIIG. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017
Pengarang ESTER NOVITA SARI PANJAITAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Interaksi Teman Sebaya, Kebiasaan Belajar, Hasil B
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua