PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017
Jenis penelitian ini adalah ex post facto, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini interaksi teman sebaya (X1) dan kebiasaan belajar (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika (Y) sebagai varibel terikat.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 288 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 5 kelas yang terdiri dari 176 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian, terdiri dari angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang interaksi teman sebaya dan kebiasaan belajar, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sebelum penelitian dilaksanakan, instrumen diuji cobakan telebih dahulu pada kelas yang tidak termasuk dalam sampel penelitian, yaitu kelas VIIG. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | ESTER NOVITA SARI PANJAITAN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Interaksi Teman Sebaya, Kebiasaan Belajar, Hasil B |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY