Detail Cantuman Kembali
RYAN HADI SYAHPUTRA - Personal Name

ANALISIS KADAR LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) DAN CADMIUM (Cd) DALAM IKAN NILA (Oreochromis niloticus) YANG HIDUP DI DANAU RAWA BENING KELURAHAN LOK BAHU SAMARINDA (SEBAGAI PENUNJANG PRAKTIKUM PENCEMARAN LINGKUNGAN)


Ryan Hadi Syahputra, 2019. Analisis Kadar Logam Berat Timbal (Pb) dan Cadmium (Cd) dalam Ikan Nila (Oreochromis niloticus) yang Hidup di DanauRawa Bening Kelurahan Lok Bahu Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Drs. H. Jailani, M. Si selaku pembimbing 1 dan Dr. H. Akhmad, M.Kes selaku pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar logam berat Timbal (Pb) dan Cadmium (Cd) dalam ikan Nila yang hidup di Danau Rawa Bening Kelurahan Lok Bahu Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah daging, organ hati, insang dan otakdari ikan Nila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan Nila yang hidup di Danau Rawa Bening memiliki rata-rata kandungan logam berat Timbal (Pb) pada bagianhati sebesar 0.003 mg/kg, pada insang sebesar 0.0003 mg/kg, pada otak sebesar0.0005 mg/kg dan tidak mengandung logam berat Cadmium (Cd). Hasil tersebut tidak melebihi batas maksimum atau baku mutu yang telah ditetapkan oleh BPOM RI No 5 Tahun 2018 tentang Batas Maksimum Cemaran Logam Berat Dalam Pangan Olahan yaitu Timbal (Pb) sebesar 0.20 mg/kg dan Cadmium (Cd) sebesar 0.10 mg/kg.
Kata kunci: Ikan Nila, Timbal dan Cadmium



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KADAR LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) DAN CADMIUM (Cd) DALAM IKAN NILA (Oreochromis niloticus) YANG HIDUP DI DANAU RAWA BENING KELURAHAN LOK BAHU SAMARINDA (SEBAGAI PENUNJANG PRAKTIKUM PENCEMARAN LINGKUNGAN)
Pengarang RYAN HADI SYAHPUTRA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci: Ikan Nila, Timbal dan Cadmium
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua