Detail Cantuman Kembali
RENI SUHARYANTI - Personal Name

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LOA JANAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai KKM siswa dalam mata pelajaran geografi, karena metode pembelajaran yang digunakan adalah metode konvensional (ceramah). Model pembelajaran Problem Based Learning adalah merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan autentik yakni penyelidikan yang membutuhkan penyelesaian nyata dari permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning kelas X SMA
Negeri 1 Loa Janan dengan sampel kelas X-IPS 4 sebanyak 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain pre-eksperimental dengan model one shot case study. Model yang digunakan adalah variabel bebas (motivasi belajar) dan variabel terikat (hasil belajar). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan menggunakan metode pos tes yang dilaksanakan setelah pembelajaran selesai. Nilai rata-rata hasil belajar geografi setelah menggunakan model pembelajaran tersebut adalah 78,62. Berdasarkan analisis data yang diperoleh Fhitun 45.266 dan Ftabel 4,17 yang menunjukan bahwa Fhitung >Ftabel yang artinya terdapa pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa geografi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas X-IPS 4 SMA Negeri 1 Loa Janan (Materi Pengetahuan Dasar Geografi)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LOA JANAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI)
Pengarang RENI SUHARYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Motivasi, Hasil Belajar, Problem Based Learning, P
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Pendidikan MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua