PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN ARENDS DISERTAI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 SAMARINDA
Pendidikan adalah suatu proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya. Kemajuan pendidikan berpengaruh terhadap kemajuan suatu bangsa. Proses pembelajaran yang tepat akan membantu kemajuan pendidikan. Fasilitas model pembelajaran yang tepat akan menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Time Token Arends Disertai Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Koloid di Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Samarinda. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas XI IPA 4 dengan jumlah siswa 37 orang dan siswa kelas XI IPA 5 dengan jumlah siswa 37 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Kelas XI IPA 4 menggunakan model pembelajaran Time Token Arends dan kelas XI IPA 5 menggunakan model pembelajaran langsung.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga kali post test dan ulangan harian. Dan didukung dengan data sekunder berupa lembar observasi dan tes wawancara. Pengolahan nilai akhir diambil dari 20% masing-masing nilai post test dan 40% dari nilai ulangan harian. Data dianalisis menggunakan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis data diperoleh 74,91 pada kelas XI IPA 4 dan 67,62 pada kelas XI IPA 5. Kemudian dianalisis menggunakan uji F, diperoleh hasil bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 1,78 > 1,72 maka dapat disimpulkan bahwa data heterogen. Kemudian dilakukan uji lanjut, yaitu uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,72 > 1,98 pada taraf signifikan 5%, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Time Token Arends (TTA) disertai penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2015/2016
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN ARENDS DISERTAI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DWI YULIATIKA HARDIYARTI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kooperatif Time Token Arends (TTA), Hasil Belajar, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY