ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA LAYANAN TES KESEHATAN DI KLINIK MULAWARMAN HEALTH CENTER UNIVERSITAS MULAWARMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL )
Klinik merupakan fasilitas medis yang lebih kecil untuk melayani keluhan tertentu dandikhususkan pada pelayanan kesehatan pasien rawat jalan. Keberadaannya dalam masyarakat sangat penting karena klinik bisa memberikan fasilitas dan pelayanan kesehatan dengan kualitas yang hampir sama dengan rumah sakit, namun biasanya dengan biaya yang cukup terjangkau. Jumlah penyedia jasa klinik yang semakin banyakmembuat persaingan semakin ketat, Klinik MHC sebagai salah satu perusahaan jasa layanan kesehatan harus bisa menjaga dan meningkatkan kualitas layanan agar dapatmenghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas pelayanandan memberikan usulan perbaikan kualitas jasa tes kesehatan di klinik MHC.
Pengukuran kualitas layanan menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL),metode (SERVQUAL) merupakan metode pengukuran kualitas pelayanan yang dapatmengetahui aspek kualitas pelayanan yang perlu mendapat perbaikan dan mampumenerjemahkan ekspektasi konsumen yang masih belum terakomodir. Responden padapenelitian ini yaitu mahasiswa-mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Mulawarmanangkatan 2018. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai rata-rata gap 1 sebesar –0,5, gap 2 sebesar -0,3, gap 3 sebesar 0,1, gap 4 sebesar -0,4 dan gap 5 sebesar -0,7,artinya konsumen masih kurang puas terhadap pelayanan jasa klinik yang kurangmemahami ekspektasi konsumen, spesifikasi kualitas jasa dan penyampaian jasa.
Analisis Importance Performance Analisis (IPA) untuk mengetahui perbaikan apa sajayang akan diberikan berdasarkan variabel yang perlu mendapatkan perbaikan.
Berdasarkan hasil analisis Perbaikan kualitas layanan yang perlu diprioritaskan adalah pada kuadran 1. Variabel yang terdapat pada kuadran 1 yaitu ekspresi wajah karyawansopan dan ramah, data hasil tes kesehatan selesai dengan cepat, karyawan melayanikomplain dengan baik, karyawan selalu ditempat bila dibutuhkan, dan fasilitas ruangtunggu yang nyaman. Usulan perbaikan yang diberikan yaitu memberikan sumber daya manusia klinik MHC pelatihan agar bisa lebih baik dalam melayani konsumen yang datang ke klinik MHC.
Kata kunci : Kepuasan Pelanggan , Servqual , Klinik, Importance Performance Analysis, Pelayanan Kesehatan
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA LAYANAN TES KESEHATAN DI KLINIK MULAWARMAN HEALTH CENTER UNIVERSITAS MULAWARMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL ) |
---|---|
Pengarang | RIDUANSYAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci : Kepuasan Pelanggan , Servqual , Klin |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY