Detail Cantuman Kembali
DENI RIANTO - Personal Name

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI LADA (Piper Nigrum L.) DESA BATUAH KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (STUDI KASUS KELOMPOK TANI MEGA BUANA)


DENI RIANTO. Analisis Pendapatan Usahatani Lada (Piper Nigrum L.) Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (Studi Kasus Kelompok Tani Mega Buana). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019. (dibawah bimbingan Midiansyah Effendi dan Syarifah Maryam).
Lada merupakan salah satu komoditas perkebunan yang dikembangkan di Desa Batuah. Pada tahun 2018 Desa Batuah khususnya di Kelompok Tani Mega Buana dengan luas tanam 27 ha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya produksi, biaya produksi, penerimaan dan pendapatan petanipada usahatani lada dan apakah usahatani lada pada Kelompok Tani Mega Buana menguntungkan. Penelitian dilakukan dari bulan April sampai dengan Juli 2019 diDesa Batuah Kecamatan Loa janan Kabupaten Kutai Kartanegara.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Jumlah responden sebanyak 30 orang. Metode pengambilan data dilakukandengan cara observasi dan wawancara langsung terhadap responden. Metodeanalisis data yang digunakan yaitu analisis biaya, penerimaan, pendapatan dan R/C Ratio.
Hasil penelitian menunjukkan total biaya produksi Rp 359.782.122/tahun/ha dengan rata-rata Rp 11.990.937 /tahun/ha, Penerimaan Rp 960.000.000/tahun dengan rata-rata Rp 32.000.000 /tahun/ha, Pendapatan Rp 600.271.878/tahun dengan rata-rata pendapatan sebesar Rp 20.009.063 /tahun/ha.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usahatani lada di Desa Batuahsecara ekonomi menguntungkan untuk di usahakan dengan nilai R/C Ratio sebesar 2,81 atau lebih besar dari 1
Kata kunci: Analisis, Pendapatan, Usahatani, lada, Desa Batuah

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI LADA (Piper Nigrum L.) DESA BATUAH KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (STUDI KASUS KELOMPOK TANI MEGA BUANA)
Pengarang DENI RIANTO - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci: Analisis, Pendapatan, Usahatani, lada,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua