Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD SABAR RIYADI - Personal Name

EVALUASI KARAKTER AGRONOMI GALUR F5 HASIL PERSILANGAN PADI SIKIN MERAH / CIHERANG



MUHAMMAD SABAR RIYADI. Evaluasi Karakter Agronomi Progeni F5 Hasil Persilangan Padi Sikin Merah/Ciherang. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019. (dibawah bimbingan Sadaruddin dan Rusdiansyah).
Padi (Oryza sativa. L) merupakan merupakan tanaman pangan yang menjadi kebutuhan dasar pemenuhan karbohidrat di Indonesia. Beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat indonesia sehingga produksi padi perlu di tingkatkan. Perakitan padi baru menjadi kunci dalam upaya mendapatkan varietas yang produksinya lebih tinggi. Perakitan varietas yang unggul perlu adanya upaya evaluasi dari hasil seleksi yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter Agronomi dan mendapatkan benih sesuai dengan kriteria seleksi. Penelitian ini telah dilakukan dari bulan Mei sampai dengan Oktober 2018 di lahan pasang surut Desa Sidomulyo, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) menggunakan 40 galur Percobaan dengan pengambilan 15 sampel acak per baris galur. Data
analisis menggunakan sidik ragam dan di lanjutkan dengan Uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) dengan taraf 5%.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam evaluasi karakter agronomi pada 40 galur F5 Kultivar Sikin Merah / Ciherang yang diuji menunjukan keragaman pada masing-masing galur terhadapparameter ujinya yaitu tinggi tanaman, jumlah anakan produktif, jumlah anakan total, panjang malai, berat gabah kering giling, jumlah gabah isi permalai, jumlah gabah isi per rumpun, berat 100 butir, dan potensi hasil. Hasil evaluasi terpilih 1 galur yaitu galur nomor 171 yang berpotensi sebagai calon varietas unggul dan perlu di uji lanjut sifat-sifat unggul yang dimiliki.
Kata Kunci: Evaluasi, Galur F5 Sikin Merah / Ciherang, Karakter Agronomi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EVALUASI KARAKTER AGRONOMI GALUR F5 HASIL PERSILANGAN PADI SIKIN MERAH / CIHERANG
Pengarang MUHAMMAD SABAR RIYADI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Evaluasi, Galur F5 Sikin Merah / Ciher
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua