Detail Cantuman Kembali
Rizky Aulia Rahman - Personal Name

ANALISIS SEMIOTIKA PUISI “RAHASIA” KARYA KORRIE LAYUN RAMPAN

Rizky Aulia Rahman. Analisis Semiotik Puisi “Rahasia” Karya Korrie Layun Rampan. Dibimbing oleh Drs. Akhmad Murtadlo, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Tri Indrahastuti, S.Sn., M.Sn sebagai Pembimbing II.

Kata Kunci: Puisi dan Semiotika

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah bagaimana bentuk tanda semiotika yang terdiri atas ikon, indeks, dan simbol dalam puisi karya Korrie Layun Rampan yang berjudul Rahasia. Semiotika adalah jenis analisis yang digunakan sebagai upaya mengkaji sebuah tanda dalam puisi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan analitis dengan mengkaji pustaka. Dan hasil penelitian tersebut antara lain (1) Ikon dalam puisi “Rahasia” karya Korrie Layun Rampan terbagi menjadi dua jenis ikon yaitu ikon imagi (citra) dan ikon diagramatis. (2) Indeks pada puisi “Rahasia” karya Korrie Layun Rampan terdapat dua macam indeks yaitu indeks dalam kaitannya dengan teks lain dan indeks dalam kaitanya dengan teks, sebagai intertekstual. (3) Simbol yang terdapat pada puisi “Rahasia” karya Korrie Layun Rampan yaitu buih, sumbu, akar-akar, Adam, lagu, dan Ziarah. Dari hasil penelitia tersebut, dapat diketahui bahwa puisi “Rahasia” karya Korrie Layun Rampan terdapat tiga jenis tanda. Pemaknaan puisi “Rahasia” mengisahkan suatu hal yang terpendam beberapa lama dalam waktu tertentu yang
tidak ingin diketahui seorangpun, dan ketika hal itu (Rahasia) keluar berupa ungkapan yang sedikit demi sedikit menghebohkan dunia yang memang sudah kacau. Selain itu hal yang dirahasiakan, sekuat apapun menyembunyikannya akan terbongkar pada suatu hari nanti.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS SEMIOTIKA PUISI “RAHASIA” KARYA KORRIE LAYUN RAMPAN
Pengarang Rizky Aulia Rahman - Personal Name
No. Panggil
Subyek Puisi dan semiotika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua