Detail Cantuman Kembali
MELDA ANGGRAENI SAPUTRI - Personal Name

ANALISIS TOKOH DALAM NOVEL ANAK “KERAWING DAN BATU KECUBUNG BIRU” KARYA RF. DHONNA DAN INNI INDARPURI

Melda Anggraeni Saputri, 2016. Analisis Tokoh dalam Novel Anak Kerawing dan Batu Kecubung Biru Karya RF. Dhonna dan Inni Indarpuri. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pembimbing (1) Drs. Akhmad Murtadlo, M.Pd, Pembimbing (2) Drs. Syaiful Arifin, M.Hum.

Kata Kunci : Tokoh dan Novel Anak

Tokoh adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita. Tokoh ialah pelaku atau orang yang memainkan peran dengan berbagai watak dan sifat yang dimilikinya dan tokoh juga merupakan unsur yang paling penting dalam sebuah cerita.
Novel Anak adalah novel yang melukiskan kehidupan anak-anak yang dapat dibacakan oelh orang tua untuk pembelajaran kepada anaknya, ada pula yang biasanya dibaca oleh anak-anak saja. Dengan demikian bagaimana analisis tokoh dalam novel anak “Kerawing dan Batu Kecubung Biru” Karya RF. Dhonna dan Inni Indarpuri?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis tokoh dan teknik pelukisan tokoh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu mendekripsikan jenis tokoh dan mendeskripsikan teknik pelukisan tokoh dalam novel anak “Kerawing dan Batu Kecubung Biru” Karya RF. Dhonna dan Inni Indarpuri.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel anak “Kerawing dan Batu Kecubung Biru” Karya RF. Dhonna dan Inni Indarpuri. Data dalam penelitian ini berupa kutipan yang mengandung gambaran tokoh dan teknik pelukisan tokoh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis tokoh yang muncul adalah tokoh utama, tokoh protagonis, tokoh antagonis, tokoh statis, tokoh
berkembang, tokoh sederhana, dan tokoh tambahan. Sedangkan teknik pelukisan tokoh yang muncul adalah teknik ekspositori, teknik cakapan, teknik pikiran dan perasaan, teknik arus kesadaran, teknik reaksi tokoh, teknik reaksi tokoh lain, dan teknik pelukisan fisik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TOKOH DALAM NOVEL ANAK “KERAWING DAN BATU KECUBUNG BIRU” KARYA RF. DHONNA DAN INNI INDARPURI
Pengarang MELDA ANGGRAENI SAPUTRI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Tokoh dan Novel Anak
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua