ANALISIS TINDAK TUTUR DAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM PERCAKAPAN ANTARA GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 3 SAMARINDA (SUATU TINJAUAN PRAGMATIK)
Ummi May Syarhoh. 2016. Analisis Tindak Tutur Dalam Percakapan Antara Guru dan Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Samarinda (Suatu Tinjauan Pragmatik). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pembimbing(I), Dr. Hj. Widyatmike GM., M.Hum dan Pembimbing (II), Rochima Firmadhonna, M.Pd.
Kata Kunci: Analisis, tindak tutur, prinsip kerjasama
Latar belakang penelitian ini adalah percakapan antara guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia yang merupakan peristiwa tutur sehingga terdapat jenis-jenis tindak tutur dan penggunaan prinsip kerjasama yang memiliki makna dan tujuan tertentu serta adanya hubungan antara tindak tutur dan prinsip kerjasama. Jika percakapan antara guru dan siswa menggunakan prinsip kerjasama, maka tidak akan terjadi kesalahpahaman antara guru dan siswa dalam mencerna proses komunikasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur, penggunaan prinsip kerjasama, serta hubungan tindak tutur dan penggunaan prinsip kerjasama yang terdapat dalam percakapan antara guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Samarinda. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualititaf dengan metode pengolahan data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, mencatat, dan merekam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa data yang dikumpulkan terdapat jenis tindak tutur, penggunaan prinsip kerjasama dan hubungan antara tindak tutur dan penggunaan prinsip kerjasama. Peneliti menemukan tiga jenis tindak tutur menurut Austin, yaitu lokusi, ilokusi, perlokusi. Peneliti juga menemukan penggunaan prinsip kerjasama Grice, yaitu maksim kuantitas, kualitas, relevansi dan pelaksanaan..
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam percakapan antara guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Samarinda terdapat tindak tutur lokusi, ilokusi, perlokusi, maksim kuantitas, kualitas, relevansi dan pelaksanaan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS TINDAK TUTUR DAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM PERCAKAPAN ANTARA GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 3 SAMARINDA (SUATU TINJAUAN PRAGMATIK) |
---|---|
Pengarang | UMMI MAY SYARHOH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Analisis, tindak tutur, prinsip kerjasama |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY