Detail Cantuman Kembali
ARIROJABIYANTI - Personal Name

CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DAN BAHASA KUTAI DALAM PERISTIWA JUAL BELI DI PASAR KELINJAU ILIR KECAMATAN MUARA ANCALONG

Arirojabiyanti, 2016. “Campur Kode Bahasa Indonesia dan Bahasa Kutai dalam Peristiwa Jual Beli di Pasar Kelinjau Ilir Kecamatan Muara Ancalong”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dibimbing oleh Dr. H. Mursalim, M.Hum selaku pembimbing I dan Dra. Emiliana Patiung, M.Hum selaku pembimbing II.

Kata Kunci: Campur Kode, Bahasa Indonesia,

Bahasa Kutai Latar belakang penelitian ini adalah tindak bahasa yang dilakukan oleh
pedagang dan pembeli sering terjadi percampuran dua (lebih) bahasa. Percampuran
tersebut biasa terjadi karena pelaku tindak bahasa menguasai dua bahasa karena belum menguasai suatu bahasa kemudian mencari padanan kata yang tidak dimengerti tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dan faktor
penyebab campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Kutai di pasar Kelinjau Ilir.

Teknik yang dilakukan dalam mengumpulkan data adalah teknik simak, teknik catat, dan teknik rekam untuk mencari latar belakang penutur melakukan campur kode. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan pola tindak tutur SPEAKING oleh Dell Hymes.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa data yang diperoleh terdapat peristiwa campur kode dalam interaksi jual beli. Campur kode dalam peristiwa jual beli di pasar Kelinjau Ilir berbentuk kata, frase, dan klausa bahasa Kutai yang menyisip dalam interaksi bahasa Indonesia. Latar belakang penutur melakukan campur kode disebabkan oleh latar belakang sikap (attitudinal type) dan latar belakang kebahasaan (linguistic type) yang terdiri dari need for synonym, social value, the development and introduction of new cultural, low frequency of word, oversight, dan end (purpose and goal).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DAN BAHASA KUTAI DALAM PERISTIWA JUAL BELI DI PASAR KELINJAU ILIR KECAMATAN MUARA ANCALONG
Pengarang ARIROJABIYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Campur Kode, Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua