Detail Cantuman Kembali
AULIA FIRDA MELATI - Personal Name

ANALISIS KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN GABUS (Channa striata Bloch) YANG DIBERI PAKAN DENGAN PENAMBAHAN VITAMIN B1 (Thiamine)


AULIA FIRDA MELATI, 2019. Analisis Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Ikan Gabus (Channa striata Bloch) yang Diberi Pakan dengan Penambahan Vitamin B1 (Thiamine) (Dibimbing oleh Komsanah Sukarti dan Isriansyah).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan vitaminB1 (Thiamine) pada pakan dan menentukan dosis optimal vitamin Bterhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan gabus (Channa striata Bloch).
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan AcakLengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan : Perlakuan P1 = 0 mg/kg pakan, perlakuan P2 = 0,6 mg/kg pakan, perlakuan P3 = 1,2 mg/kg pakan, perlakuan P4 = 1,8 mg/kg pakan dan perlakuan P5 = 2,4 mg/kg pakan. Data dianalisis menggunakan sidik ragam dengan uji F dan dilanjutkan dengan uji DMRT pada taraf 5%.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan vitamin B1 dalam pakan berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan, konversi dan efisiensi pakan benih ikan gabus. Laju pertumbuhan spesifik tertinggi terdapat pada perlakuan P4 (1,8 mg/kg pakan) sebesar 4,44 %/hari, dan terendah pada perlakuan P1 (0 mg/kg pakan) sebesar 3,18 %/hari. Perlakuan yang menunjukkan hasil efisiensi pakan tertinggi pada perlakuan P4 (1,8 mg/kg pakan) sebesar 122,90 %, dan yang terendah pada perlakuan P1 (0 mg/kg pakan) sebesar 72,85 %.
Kata kunci : Ikan gabus (Channa striata Bloch), Vitamin B








Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN GABUS (Channa striata Bloch) YANG DIBERI PAKAN DENGAN PENAMBAHAN VITAMIN B1 (Thiamine)
Pengarang AULIA FIRDA MELATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci : Ikan gabus (Channa striata Bloch), Vi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan Budidaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua