Detail Cantuman Kembali
DWINDA SARI - Personal Name

STUDI TENTANG SEJARAH PERJUANGAN RAKYAT SUKU DAYAK KENYAH TERHADAP PENJAJAH BELANDA DI DESA LONG NAWANG, KECAMATAN KAYAN HULU, KABUPATEN BULUNGAN.

Dwinda Sari, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan judul Studi Tentang Sejarah Perjuangan Rakyat Pada Suku Dayak Kenyah di Desa Long Nawang, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau. Dosen pembimbing Bapak Dr. Jawatir Pardosi, M.Si dan Dr. H. Moh. Bahzar. M.Si.
Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui sejarah perjuangan rakyat pada suku dayak kenyah di Desa Long Nawang dan untuk mengetahui sejarah kedatangan penjajah di Desa Long Nawang. Fokus penelitian yang di angkat adalah mengenai Studi Tentang Sejarah Perjuangan Rakyat Pada Suku Dayak Kenyah dan kedatangan para penjajah di Desa Long Nawang Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Malinau.
Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat Desa Long Nawang serta beberapa anggota masyarakat di Desa Long Nawang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini akan menunjukkan bagaimana bahwa sejarah perjuangan rakyat pada suku dayak kenyah adalah dilatarbelakangi kedatangan penjajah di Desa Long Nawang yang berkeinginan untuk menguasai dan menyebarkan pengaruhnya. Kemudian selain dari pada itu hasil penelitian ini juga akan membahas bentuk keterlibatan rakyat kenyah di Desa Long Nawang dalam mengusir penjajah dan juga mengetahui masa pemerintahan Belanda dan masa pemerintahan Jepang di Desa Long Nawang.

Kata kunci :Studi, sejarah dan perjuangan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG SEJARAH PERJUANGAN RAKYAT SUKU DAYAK KENYAH TERHADAP PENJAJAH BELANDA DI DESA LONG NAWANG, KECAMATAN KAYAN HULU, KABUPATEN BULUNGAN.
Pengarang DWINDA SARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Studi, sejarah dan perjuangan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua