Detail Cantuman Kembali
AHMAD ULINUHA - Personal Name

KETERAMPILAN YANG DIPEROLEH ANAK YATIM SETELAH LEPAS DARI PENGASUHAN PANTI ASUHAN STUDI KASUS PANTI ASUHAN ASIH MANUNTUNG KOTA SAMARINDA

Ahmad Ulinuha, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2012. Perilaku Kemandirian Anak Yatim Setelah Lepas Dari Pengasuhan Panti Asuhan Di Panti Asuhan Asih Manuntung Kota Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Moh. Bahzar, M.Si, dan Bapak Dr. M. Jamil, S.Pd, M.Ap.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perilaku kemandirian anak yatim setelah lepas dari pengasuhan Panti asuhan di Panti Asuhan Asih Manuntung Kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan fokus penelitiannya adalah keterampilan yang diperoleh anak yatim alumni Panti Asuhan Asih Manuntung, bagaimana pengamalan sikap religious dan sopan santun anak yatim setelah menjadi alumni Panti Asuhan, bagaimana profesi anak yatim setelah menjadi alumni Panti asuhan adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini berjumlah 5 orang, yakni 2 orang alumni Panti dan 3 orangtua asuh Panti di Panti asuhan Asih Manuntung Samarinda. Teknik pengumpulan data yakni, observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, display serta keabsahan data, dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: keterampilan yang diperoleh anak yatim alumni Panti asuhan Asih Manuntung adalah keterampilan yang berhubungan dengan keagamaan dan keterampilan kerajinan tangan hal ini diajarkan sewaktu alumni masih aktif di lingkungan Panti tujuanya adalah setelah menjadi alumni anak asuh lebih hidup mandiri dan mengamalkan sikap religious yang sudah di tanamkan didalam diri anak asuh ketika masih aktif dilingkungan Panti , profesi anak yatim alumni Panti asuhan Asih Manuntung bervariasi ada yang berwirausaha, bekerja di pertokoan, cafe dan mengabdi kembali di lingkungan Panti yaitu sebagai Tata Usaha Panti. Adapun bekal keterampilan dari Panti sangat berguna bagi mereka setelah menjalani kehidupan di luar Panti yaitu menjadi alumni Panti, bekal keterampilan yang di peroleh dari Panti bisa mereka pergunakan sebagai penunjang dalam mencari kerja setelah menjadi alumni Panti.
Kata Kunci : Perilaku, Kemandirian, Anak Yatim, Panti Asuhan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KETERAMPILAN YANG DIPEROLEH ANAK YATIM SETELAH LEPAS DARI PENGASUHAN PANTI ASUHAN STUDI KASUS PANTI ASUHAN ASIH MANUNTUNG KOTA SAMARINDA
Pengarang AHMAD ULINUHA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Perilaku, Kemandirian, Anak Yatim, Panti Asuhan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua