Detail Cantuman Kembali
LILIS ANDRIANI - Personal Name

PERANAN PANTI SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI BIMBINGAN MENTAL DAN KETERAMPILAN (Studi Kasus di UPTD.Panti Sosial Karya Wanita Harapan Mulia Samarinda)

Lilis Andriani, Peranan Panti Sosial Dalam Pemberdayaan Perempuan Melalui Bimbingan Mental dan Keterampilan (Studi Kasus di UPTD. Panti Sosial Karya Wanita Harapan Mulia Samarinda) dibawah bimbingan : Bapak Dr. M. Jamil, S. Pd, M. Ap dan Dra. Hj. Wingkolatin, M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan panti sosial dalam pemberdayaan perempuan melalui bimbingan mental dan keterampilan, untuk mengetahui faktor-faktor pemberdayaan perempuan melalui bimbingan mental dan keterampilan serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan panti sosial dalam pemberdayaan perempuan melalui bimbingan mental dan keterampilan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah peranan panti sosial dalam pemberdayaan perempuan melalui bimbingan mental dan keterampilan, faktor-faktor yang melatar belakangi pemberdayaan perempuan dan upaya yang dilakukan panti sosial dalam pemberdayaan perempuan. Sumber data penelitian adalah sumber data primer tiga orang pegawai panti sosial karya wanita harapan mulia, tiga klien pemberdayaan perempuan serta sumber data sekunder profil panti sosial karya wanita harapanmulia. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan panti sosial dalam pemberdayaan perempuan melalui bimbingan mental dan keterampilan memberikan pendidikan karakter dan pendidikan agama bagi klien, memberikan tempat tinggal selama 4 bulan lebih bagi klien, memberikan kesejahteran sosial kepada klien dengan memberikan pelayanan berupa sandang, pangan dan kesehatan. Faktor yang melatar belakangi yaitu dari pendidikan yang rendah dan kebutuhan ekonomi yang semakin tinggi. Upaya yang dilakukan diantaranya adalah memberikan bimbingan mental bagi klien dan memberikan bimbingan keterampilan sesuai dengan jurusan klien yaitu tata boga, tata rias, computer, menjahit serta keterampilan tambahan.


Kata Kunci : Panti sosial, pemberdayaan perempuan, bimbingan mental, Keterampilan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANAN PANTI SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI BIMBINGAN MENTAL DAN KETERAMPILAN (Studi Kasus di UPTD.Panti Sosial Karya Wanita Harapan Mulia Samarinda)
Pengarang LILIS ANDRIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Panti sosial, pemberdayaan perempuan, bimbingan me
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua