Detail Cantuman Kembali
HASNIAR - Personal Name

PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DENGAN KEGIATAN BERJALAN DI PAPAN TITIAN PADA TK NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014

ABSTRAK
Hasniar, 2014, Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B dengan Kegiatan Berjalan Di Papan Titian Pada TK Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014. Penulisan penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Sujiman, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Dra. Sudilah MW, M.Pd selaku dosen pembimbing II.

Kata Kunci : Motorik Kasar, Berjalan di Papan Titian
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampua motorik kasar anak dalam mengikuti kegiatan berjalan di papan titian. Sehingga penelitian ini dapat dirumuskan masalah bagaimana peningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B pada TK Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014. Dan Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B dengan kegiatan berjalan di papan titian pada TK Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Setting penelitian dilaksanakan di kelompok B TK Negeri 1 Samarinda yang berlokasi di jalan Lai No. 32 Voorvo, Kec. Samarinda Ulu. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 anak didik yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan serta 2 guru. Adapun cara pengambilan data pada penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data dengan cara menjumlah, mencari nilai rata-rata dan presentase.
Berdasarkan dari hasil penelitian, data yang diperoleh dapat dirinci sebagai berikut pada siklus I pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata aspek sebesar 49% dan pertemuan kedua diperoleh nilai rata-rata aspek sebesar 54% dengan presentase sebesar 20%. Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata aspek sebesar 61% dan pertemuan kedua diperoleh nilai rata-rata aspek sebesar 66% dengan presentase sebesar 53%. Pada siklus III pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata aspek sebesar 74% dan pertemuan kedua diperoleh nilai rata-rata aspek sebesar 83% dengan presentase sebesar 80%.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak kelompok B dengan kegiatan berjalan di papan titian pada TK Negeri 1 Samarinda tahun ajaran 2013/2014.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DENGAN KEGIATAN BERJALAN DI PAPAN TITIAN PADA TK NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014
Pengarang HASNIAR - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit S2 Administrasi Pendidikan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua