Detail Cantuman Kembali
ABDUL ZAKARIA - Personal Name

SINTESIS KOMPOSIT TITANIUM, TUNGSTEN DAN SILIKA DARI ABU SEKAM PADI (TiO 2 /WO 3 /SiO 2 ) DENGAN METODE HIDROTERMAL



Sintesis komposit TiO2/WO3/SiO2 menggunakan silika dari abu sekam padi dengan metode hidrotermal telah dilakukan. Tahapan sintesis meliputi preparasi abu sekam padi, proses sol-gel dan hidrotermal. Karakterisasi komposit dilakukan menggunakan XRD, SEM-EDX dan Surface Area Analyzer. Hasil penelitian menunjukkan komposit dengan variasi perbandingan mol TiO 2 :WO3 (1:05, 1:1 dan 1:2) memiliki perbedaan karakteristik. Hasil analisis menggunakan XRD menunjukkan bahwa dengan adanya variasi perbandingan mol TiO2:WO3 terjadi perubahan intensitas WO3 dan terdapat struktur SiO 2 quartz dan cristobalite, TiO 2 rutile dan WO monoklinik. Hasil SEM menunjukkan komposit dengan perbandingan mol TiO2:WO3 1:05, 1:1 dan 1:2 memiliki perbedaan morfologi.
Hasil EDX menunjukkan pada komposit terdapat atom Ti, W, Si dan O dan dapatdisimpulkan terdapat fasa TiO2, WO3, dan SiO2. Luas permukaan kompositdengan perbandingan mol TiO :WO3 1:05, 1:1 dan 1:2 berturut-turut yaitu 8,80 m2/g, 17,56 m2 /g dan 8,99 m2/g.
Kata Kunci : Komposit, Abu Sekam Padi, Hidrotermal, TiO2/WO3/SiO2



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SINTESIS KOMPOSIT TITANIUM, TUNGSTEN DAN SILIKA DARI ABU SEKAM PADI (TiO 2 /WO 3 /SiO 2 ) DENGAN METODE HIDROTERMAL
Pengarang ABDUL ZAKARIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Komposit, Abu Sekam Padi, Hidrotermal
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan S-1 KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua