Detail Cantuman Kembali

AUGMENTED REALITY STRUKTUR AKAR TUMBUHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS MOBILE ANDROID



Rizky Fadillah Rosyiddin Wybowo, 2019 Augmented Reality Struktur Akar Tumbuhan Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Mobile Android, Skripsi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Mulawarman.
Dibimbing oleh Edy Budiman, M.T sebagai pembimbing (I) dan Muhammad Bambang Firdaus, M.Kom sebagai pembimbin (II).
Akar memiliki struktur - struktur penting yang harus dipelajari. Ilmu ini cenderung dipelajari siswa dengan cara menghafal, namun tidak semua siswa mampu mengingat dengan hanya melihat buku. Sejalan dengan berkembangnyateknologi di bidang informasi, ada beberapa macam metode pembelajaran baru di bidang pendidikan yang dapat membantu siswa dalam lebih memahami mata pelajaran, salah satunya adalah dengan menggunakan media Augmented Reality.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk membuat Augmented Reality Struktur Akar Tumbuhan Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Mobile Android sebagai media pembelajaran. Untuk membangun aplikasiini digunakan game engine Unity3D, tools Vuforia SDK dan Blender 3D.
Berdasarkan hasil pengujian perangkat, aplikasi AR ini dapat berjalan dengan baik pada perangkat android versi 5.1 hingga versi 9.0 dan rasio layar 16:9 merupakanrasio dengan kesesuaian layout terbaik. Penyebaran kuisioner menghasilkan respon dengan jawaban setuju dan sangat setuju pada kuisioner sesi pertama berkisar antara 59.3% hingga 74.4%, dan kuisioner sesi kedua berkisar antara 74.7% hingga 83.1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden yaitu siswa-siswi kelas XI dan XII SMAN 2 Bontang menerima dengan baik uji coba aplikasi Augmented Reality (AR) struktur akar tumbuhan ini.
Kata Kunci: Augmented Reality, Unity3D, Vuforia, Blender3D, Android, Marker Based Tracking, Struktur Akar Tumbuhan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul AUGMENTED REALITY STRUKTUR AKAR TUMBUHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS MOBILE ANDROID
Pengarang Rizky Fadillah Rosyiddin Wybowo - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Augmented Reality, Unity3D, Vuforia, B
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua