Detail Cantuman Kembali
SUPRIYANTI S - Personal Name

PENGEMBANGAN TEKNIK TRANSFORMASI PUISI BALADA DALAM PENULISAN TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMK FARMASI TENGGARONG

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang merupakan hasil pengembangan model pembelajaran teknik transformasi puisi balada dalam penulisan teks drama;(2) menghasilkan produk buku teks yang merupakan hasil pengembangan bahan ajar menulis teks drama dengan teknik transformasi puisi balada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa kelas XI SMK Farmasi Tenggarong; (3) mengembangkan perencanaan teknik transformasi puisi balada dalam penulisan teks drama siswa kelas XI SMK Farmasi Tenggarong; (4) mengembangkan materi bahan ajar teknik transformasi puisi balada dalam penulisan teks drama siswa kelas XI SMK Farmasi Tenggarong; (5) mengembangkan evaluasi teknik transformasi puisi balada dalam penulisan teks drama siswa kelas XI SMK Farmasi Tenggarong.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Farmasi Tenggarong yang berjumlah 110 orang siswa. Uji coba dilakukan dengan dua tahap yaitu: uji oleh kelompok kecil dan uji coba kelompok besar atau uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif.

Model pembelajaran teknik transformasi puisi balada dalam penulisan teks drama memiliki kualitas yang sangat baik ditunjukan dengan penilaian validator sangat baik sebesar 56,25% dan penilaian baik 43,75%. Bahan ajar menulis teks drama dengan teknik transformasi puisi balada memiliki kualitas yang sangat baik ditunjukan penilaian validator sangat baik sebesar 54,54% dan penilaian baik 45,45%. Model pembelajaran teknik transformasi puisi balada dalam penulisan teks drama dan bahan ajar menulis teks drama dengan teknik transformasi puisi balada efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok kecil dari nilai sebesar 67,16% mengalami peningkatan menjadi 87,16% dengan standar deviasi sebesar 8,51 dan uji kelompok besar dari nilai sebesar 67,67% menjadi 89% dengan standar deviasi 18,42%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN TEKNIK TRANSFORMASI PUISI BALADA DALAM PENULISAN TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMK FARMASI TENGGARONG
Pengarang SUPRIYANTI S - Personal Name
No. Panggil
Subyek Teknik, transformasi, puisi balada, drama
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua