PENGEMBANGAN MEDIA LEVIDIO STORYBOARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN FILM/DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMK
Tujuan penulisan ini dirancang untuk mengembangkan desain media pembelajaran Levidio Storyboard dalam pembelajaran menulis teks ulasan film/drama. Penulisan ini merupakan penulisan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh penulis meliputi tujuh langkah yakni penulisan dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk dengan Levidio Storyboard, validasi ahli, revisi tahap pertama, uji coba lapangan, dan revisi perbaikan tahap akhir.
Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran diketahui bahwa (1) produk media yang dikembangkan layak digunakan kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMK Kurikulum 2013. (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi dengan skor (4.00) termasuk kriteria “Sangat Layak” untuk digunakan, validasi ahli media sebesar (3.00) termasuk kriteria “Layak” sedangkan berdasarkan ahli teks kurikulum 2013 memperoleh skor (3,74) termasuk kriteria “Sangat Layak” untuk digunakan. (3) hasil uji coba pada kelas besar sebanyak 69 siswa hasil uji coba yang didapatkan adalah sebagai berikut, yaitu nilai interval 86—100 sebanyak 24 siswa atau 35% dari total siswa gabungan, nilai 81—85 sebanyak 17 siswa atau 25%, nilai 76—80 sebanyak 16 siswa atau 23%, nilai 71—75 sebanyak 4 siswa atau 6%, nilai 66—70 sebanyak 4 siswa atau 6%, nilai 61—65 dan nilai 56—60 masing-masing sebanyak 2 siswa atau 3% dengan ketuntasan (84,05%) termasuk kriteria “Tinggi”. (4) hasil belajar tahap mandiri yang merupakan tahap memproduksi teks ulasan film/drama diperoleh hasil interval nilai 86—100 berjumlah 32 siswa atau 46% dari total 69 siswa, nilai 81—85 berjumlah 4 siswa atau 6%, nilai 76—80 berjumlah 21 siswa atau 30%, nilai 61—65 berjumlah 8 siswa atau 12%, nilai 56—60 berjumlah 4 siswa atau 6% dengan ketuntasan sebesar (82,60%) termasuk dalam kriteria “Tinggi”
Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media Levidio Storyboard sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa SMK yang memiliki fasilitas memadai dan efektif jika diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis atau tiga aspek keterampilan bahasa lainnya. Penulis merekomendasikan agar media pembelajaran Levidio Storyboard dapat dikembangkan dan dipadukan dengan perangkat lunak pembuat video lainnya agar tampilan lebih dinamis dan menarik. Media ini pun sangat cocok jika digunakan bahkan di produksi oleh guru yang masih amatir terhadap gadget.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN MEDIA LEVIDIO STORYBOARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN FILM/DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMK |
---|---|
Pengarang | M. AGUS KASTIYAWAN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | media pembelajaran, levidio storyboard, menulis, t |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY