Detail Cantuman Kembali
YULIANI - Personal Name

EFIKASI VAKSIN MONOVALEN DAN BIVALEN UNTUK MENCEGAH INFEKSI Aeromonas hydrophila DAN Pseudomonas sp. PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

ABSTRAK
YULIANI. 2014. Efikasi Vaksin Monovalen dan Bivalen Aeromonas hydrophila dan Pseudomonas sp. Untuk Mencegah Infeksi Aeromonas hydrophila dan Pseudomonas sp. pada Ikan Nila (Oreochromis niloticus) (dibimbing oleh Esti Handayani Hardi dan Agustina)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efikasi dari vaksin monovalen A. hydrophila, vaksin monovalen Pseudomonas sp. dan vaksin bivalen A. hydrophila dan Pseudomonas sp. serta mendapatkan jenis vaksin terbaik yang dapat digunakan untuk mencegah infeksi bakteri A. hydrophila dan Pseudomonas sp. Vaksin diinaktifkan dengan formalin 3%. Ikan yang digunakan pada percobaan ini adalah ikan nila (Oreochromis niloticus) ukuran 15-20 gram sebanyak 210 ekor atau 10 per perlakuan. Penelitian ini menggunakan 7 perlakuan 3 ulangan. Vaksinasi dilakukan dengan injeksi melalui intraperitonial dengan kepadatan 1010 CFU/ml.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa vaksin monovalen A. hydrophila, mampu memproteksi infeksi bakteri A. hydrophila 75% dan 100% untuk bakteri Pesudomonas sp. Vaksin monovalen Pseudomonas sp. mampu memproteksi infeksi bakteri A. hydrophila 75% dan 93% untuk infeksi bakteri Pseudomonas sp. Vaksin bivalen mampu memproteksi A. hydophila 75% dan 93% untuk bakteri Pseudomonas sp. dan vaksin terbaik untuk memproteksi atau mencegah infeksi dari kedua bakteri tersebut adalah vaksin monovalen Pseudomonas sp. hal ini dilihat dengan nilai Relative Percent Survivale (RPS) tertinggi.
Kata Kunci : Vaksinasi, Ikan Nila, A. hydrophila, Pseudomonas sp.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFIKASI VAKSIN MONOVALEN DAN BIVALEN UNTUK MENCEGAH INFEKSI Aeromonas hydrophila DAN Pseudomonas sp. PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)
Pengarang YULIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua