Detail Cantuman Kembali
EDY SALMAN - Personal Name

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS SOSIAL, TENAGA KERJA, DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN MALINAU PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan publik pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Malinau, dengan fokus pada prinsip-prinsip Kualitas pelayanan publik yang baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan maksud untuk mendapatkan deskripsi yang mendalam kualitas pelayanan publik pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Malinau. Data yang didapatkan dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara mendalam kepada responden yang ditentukan dengan teknik purposive serta studi literature, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif (model analisis Miles & Huberman, (1992, 21)), melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya diadakan pengujian terhadap keabsahan data dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik di Dissosnakertrans Kabupaten Malinau belum optimal, hal ini disebabkan antara lain, masih tidak konsistennya antara waktu tunggu dengan waktu penyelesaian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai konsumen, belum adanya sistem komputerisasi yang online dengan instansi terkait. Struktur organisasi di Dissosnakertrans Kabupaten Malinau juga belum dapat berjalan sesuai yang diharapkan, disebabkan karena, struktur organisasi yang ada belum menunjukkan kondisi yang baik, dalam menjalankan tugasnya, terdapat hubungan yang kurang harmonis antara atasan dan bawahan, kepala Dissosnakertrans Kabupaten Malinau dalam hal ini bertindak sebagai atasan kurang memberikan pendelegasian wewenang kepada bawahan. Kemampuan aparat di Dissosnakertrans Kabupaten Malinau dinilai cukup baik, hal ini ditandai dengan: tingkat pendidikan aparat sudah baik, Pelayanan kepada masyarakat dilayani dengan tanggap dan cepat, dalam mengembangkan keahliannya, aparat di Dissosnakertrans Kabupaten Malinau sering mengikuti diklat teknis fungsional. Dalam hal sistem pelayanan di Dissosnakertrans Kabupaten Malinau sudah cukup baik diantaranya infomasi tentang pelayanan yang diberikan sangat baik dengan melibatkan pihak-pihak terkait serta media massa sehingga masyarakat dapat dengan mudah untuk memantaunya dan dalam permberian perlindungan terhadap hasil pelayanan, adanya kesanggupan penggantian setiap hasil pelayanan yang mengalami kesalahan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS SOSIAL, TENAGA KERJA, DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN MALINAU PROVINSI KALIMANTAN UTARA
Pengarang EDY SALMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kualitas, Pelayanan Publik, Dissoskertrans, Kabupa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan MAGISTER ILMU ADMINISTRASI NEGARA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua