Detail Cantuman Kembali
OKTAVIANI DWI SUSILO - Personal Name

PERAN PAGUYUBAN IKATAN KELUARGA BANYUWANGI DALAM MELESTARIKAN NILAI KEGOTONG ROYONGAN DI KELURAHAN TANJUNG REDEB KABUPATEN BERAU

Oktaviani Dwi Susilo, Peran Paguyuban IKAWANGI dalam Melestarikan Nilai Kegotongroyongan di Kelurahan Tanjung Redeb Kabupaten Berau dibawah bimbingan : Ibu Suryaningsih dan Ibu Alim Salamah.
Tujuan dari penelitian ini adalan untuk mengetahui peran paguyuban IKAWANGI dalam melestarikan nilai kegotongroyongan dan upaya yang dilakukan paguyuban IKAWANGI dalam melestarikan nilai kegotongroyongan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, adapun yang menjadi sumber data penelitian yaitu data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran paguyuban IKAWANGI dalam melestarikan nilai kegotong-royongan yaitu sebagai fungsi menjalankan peran dalam memfasilitasi dan menjadi panutan atau contoh, menjadi motivasi bagi anggota dan masyarakat agar senantiasa melakukan kerjasama untuk memunculkan kembali rasa kebersamaan, dan menumbuhkan sikap sosial tanpa pamrih dari masing-masing individu agar terciptanya kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat agar tetap lestarinya nilai kegotong-royongan. Adapun upaya paguyuban IKAWANGI dalam melestarikan nilai kegotong-royongan yaitu berupaya mengajak dan memberi wejangan, menjelaskan perlahan-lahan kepada anggota dan masyarakat. Membaur dan merangkul anggota dan masyarakat untuk mengajak senantiasa melakukan kerjasama, meminimalisir anggapan gotong royong tidak penting, meminimalisir stratifikasi sosial dengan begitu tidak ada perbedaan dalam hal tolong-menolong semua di anggap sama rata, dan memberikan reward dalam hal ini bertujuan agar adanya motivasi dan dorongan kepada anggota dan masyarakat agar senantiasa berlomba-lomba untuk melakukan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat.

Kata kunci : Peran, Paguyuban, Nilai, dan Gotong Royong

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN PAGUYUBAN IKATAN KELUARGA BANYUWANGI DALAM MELESTARIKAN NILAI KEGOTONG ROYONGAN DI KELURAHAN TANJUNG REDEB KABUPATEN BERAU
Pengarang OKTAVIANI DWI SUSILO - Personal Name
No. Panggil
Subyek Peran, Paguyuban, Nilai, dan Gotong Royong
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua