Detail Cantuman Kembali

KEMAMPUAN SISWA MEMBUAT DESAIN STEMPEL MENGGUNAKAN COREL DRAW X7 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI KELAS XII IPA SMA ISLAM SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017

Zulhamzah Ibrahim Abdur Rahman. 2016. Kemampuan Siswa Membuat Desain Stempel Menggunakan Corel Draw X7 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kelas XII IPA SMA Islam Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dibimbing oleh: Dr. H. PM. Labulan, M.Pd selaku pembimbing I dan Zainal Arifin, S.Kom, M.Kom selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membuat desain stempel dengan menggunakan aplikasi Corel Draw X7, dan dilaksanakan di SMA Islam Samarinda Jalan KH. Achmad Dahlan No. 2 Samarinda 75117.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Islam Samarinda tahun pembelajara 2016/2017 sebanyak 32 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam membuat desain stempel dengan menggunakan aplikasi Corel Draw X7.
Berdasarkan tujuan dan kepentingan yang diperlukan dalam melengkapi data penelitian, kegiatan penelitian ini meliputi: observasi atau pengamatan yang digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar siswa di kelas, tes praktik digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membuat desain stempel dengan menggunakan aplikasi Corel Draw X7, wawancara digunakan untuk mengetahui faktor penyebab mampu atau kurang mampunya siswa. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, teknik keabsahan data yaitu ketekunan pengamat, triangulasi, dan membicarakan dengan orang lain yang mengetahui masalah yang diteliti.

Berdasarkan hasil tes praktik dan pembahasan dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan siswa membuat desain stempel menggunakan Corel Draw X7 pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di kelas XII IPA SMA Islam Samarinda tahun ajaran 2016/2017 dari 32 siswa yang termasuk dalam kategori sangat mampu 5 siswa dengan presentase 16%, 8 siswa memperoleh kategori mampu dengan presentase 25%, dan
19 siswa memperoleh kategori tidak mampu dengan presentase 59%. Skor rata-rata adalah 70,03 dengan nilai teringgi 96 dan nilai terendah 31.
Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Corel Draw X7

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEMAMPUAN SISWA MEMBUAT DESAIN STEMPEL MENGGUNAKAN COREL DRAW X7 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI KELAS XII IPA SMA ISLAM SAMARINDA TAHUN AJARAN 2016/2017
Pengarang ZULHAMZAH IBRAHIM ABDUR RAHMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kemampuan Siswa, Corel Draw X7
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua