PENGARUH LATIHAN LARI LOMPAT TIGA LANGKAH DAN SATU LANGKAH MELEWATI RINTANGAN TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG PADA SISWA SMK NEGERI 1 SAMARINDA
ABSTRAK
Erwin Sofyan, 2014. Pengaruh latihan lari lompat tiga langkah dan satu langkah melewati rintangan terhadap hasil lompat jauh gaya menggantung pada siswa SMK Negeri 1 Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Drs. H. Akhmad. M.Kes dan Bapak M. Ramli Buhari, S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh latihan lari lompat tiga langkah melewati rintangan terhadap hasil lompat jauh gaya menggantung pada siswa SMK Negeri 1 Samarinda. (2) untuk mengetahui pengaruh latihan lari lompat satu langkah melewati rintangan terhadap hasil lompat jauh gaya menggantung pada siswa SMK Negeri 1 Samarinda. (3) untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara latihan lari lompat tiga langkah dan satu langkah melewati rintangan terhadap hasil lompat jauh gaya menggantung pada siswa SMK Negeri 1 Samarinda.
Jenis penelitian ini, menggunakan jenis penelitian eksperiment lapangan. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling (sampel acak). Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas yaitu latihan lari lompat tiga langkah dan satu langkah melewati rintangan serta satu variabel terikat yaitu lompat jauh gaya Menggantung. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes lompat jauh gaya menggantung. Analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensi dengan bantuan program SPSS 17.0.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh latihan lari lompat tiga langkah melewati rintangan secara signifikan terhadap hasil lompat jauh gaya menggantung pada siswa SMK Negeri 1 Samarinda. Terbukti bahwa hasil analisis data, diperoleh nilai t hitung = 13,513 ≥ t tabel = 2,145. (2) Ada pengaruh latihan lari lompat satu langkah melewati rintangan secara signifikan terhadap lompat jauh gaya menggantung pada siswa SMK Negeri 1 Samarinda. Terbukti bahwa hasil analisis data, diperoleh nilai t hitung = 11,304 ≥ t tabel = 2,145. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil lompat jauh gaya menggantung dengan menggunakan latihan lari lompat tiga langkah dan satu langkah melewati rintangan. Terbukti bahwa nilai t hitung = 2,609 ≥ t tabel = 2,048, di samping itu nilai rata-rata tes akhir kelompok latihan lari lompat tiga langkah dan nilai tes akhir kelompok latihan lari lompat satu langkah berbeda secara nyata yaitu 4,9873 : 4,7287 jadi selisihnya 0,258.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH LATIHAN LARI LOMPAT TIGA LANGKAH DAN SATU LANGKAH MELEWATI RINTANGAN TERHADAP HASIL LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG PADA SISWA SMK NEGERI 1 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | ERWIN SOFYAN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2014 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY