Detail Cantuman Kembali
ANA ROSMILA - Personal Name

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KANVAS KARYA BINTANG PURWANDA: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA


Rosmila, Ana. 2019. Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Kanvas karya Bintang Purwanda: Kajian Psikologi Sastra. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman.
Pembimbing I: Dra. H. Endang Dwi S., M.Si.; Pembimbing II: Norma Atika Sari, M.Hum.
Kata Kunci: tokoh utama, kepribadian, psikologi sastra, novel Kanvas Skripsi ini membahas kepribadian tokoh utama dalam novel Kanvas karya Bintang Purwanda dengan kajian psikologi sastra. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan fakta cerita, struktur kepribadian tokoh utama, dan tipe kepribadiantokoh utama dalam novel Kanvas karya Bintang Purwanda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptifdan termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini berupakata, frasa, kalimat yangdiperoleh dari novel Kanvas karya Bintang Purwanda.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Teknikanalisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitureduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama fakta cerita dalam novel
novel Kanvas karya Bintang Purwanda terdiri atas alur, tokoh penokohan, dan latar.Alur dalamnovel adalah alur maju. Tokoh dalam novel ini yang mempunyai peranansebagai tokoh utama adalah Qayyima Salimah. Latar dalam novel berada di Jakarta.
Waktu penceritaan terjadi ketika pagi Qayyima bersekolah, sore berdagang lukisan,petang berbakti kepada ayahnya, malam ia beribadah, dan melukis hingga terbit fajar.
Latar sosial dalam novel adalah toleransi antara umat beragama. Kedua, dorongan idpada diri Qayyima ditandai ketika ia ingin bertemu dengan ibunya, ingin terlepas darikemiskinan, ingin makan, dan ingin menjadi guru lukis terkenal. Respons ego ditandai ketika Qayyima bermimpi bertemu dengan ibunya, keputusan untuk bekerja,keputusan menerima makanan, dan keputusan menerima tawaran wawancara.
Respons superego ditandai ketika Qayyima ikhlas menerima kepergian ibunya, sabarmenerima kenyataan, pertimbangan menerima makanan, dan pertimbangan menerimatawaran wawancara. Ketiga, dari analisis kepribadian Qayyima, ditemukan tipe phlegmatis dalam dirinya, yaitu sabar, tidak mudah terpengaruh, sukar marah,memiliki ingatan yang baik, serta mampu berdiri sendiri tanpa banyak bantuan orang lain.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KANVAS KARYA BINTANG PURWANDA: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA
Pengarang ANA ROSMILA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: tokoh utama, kepribadian, psikologi sa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua