Detail Cantuman Kembali
ANAS ARIF SHODIQIN - Personal Name

PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPS-II SMA NEGERI 8 SAMARINDA (Materi : Biosfer)

Anas Arif Shodiqin. 2016.tPengaruh Aktivitas Belajar dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Geografi Menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS-II SMA Negeri 8 Samarinda Materi Biosfer. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr.
Lambang Subagiyo, M.Si sebagai Pembimbing 1 dan Bapak Yulian Widya Saputra, M.Pd sebagai pembimbing 2.

Problem Based Learning adalah proses pembelajaran dalam kurikulumnya dirancang masalah-masalah yang menuntut siswa mendapatkan pengetahuan penting, mampu dalam memecahkan masalah, dan memiliki strategi belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh aktivitas belajar, kreativitas siswa serta pengaruh aktivitas belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar setelah menggunakan model Problem Based Learning (materi biosfer). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Samarinda pada siswa kelas XI IPS-II yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik purposive sampling. Dalam proses penelitian penulis memberikan orientasi masalah pada siswa, mengorganisasikan siswa belajar, membimbing penyelidikan kelompok, menyajikan hasil karya dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian didapatkan rata-rata skor aktivitas belajar 3,20 kategori baik, skor kreativitas siswa 3,22 ketegori baik dan skor hasil belajar 85,54 kategori baik kemudian dianalisis dengan regresi linier sederhana dan regresi ganda menggunakan SPSS 21. Dari hasil analisis data terdapat pengaruh antara aktivitas belajar setelah menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi dengan persamaan regresi Y = 2,087 + 1,039X, R square sebesar 0,826 atau 82,6%, dan nilai F hitung > F Table (56,794 > 4,14), terdapat pengaruh antara kreativitas siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi dengan persamaan regresi Y = 3,634 + 1,018X, R square sebesar 0,704 atau 70,4% dan nilai F hitung > F table (78,336 > 4,14), terdapat pengaruh antara aktivitas belajar dan kreativitas siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi dengan persamaan regresi Y = 0,041X 1 + 0,987X 2, R square sebesar 0,711 atau 71,1% dan nilai F Hitung > F Table (39,459 > 3,29). Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan kreativitas siswa berpengaruh terhadap hasil belajar geografi setelah menggunakan model Prbolem Based Learning.

Kata kunci : Aktivitas Belajar, Kreativitas Siswa, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPS-II SMA NEGERI 8 SAMARINDA (Materi : Biosfer)
Pengarang ANAS ARIF SHODIQIN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Aktivitas Belajar, Kreativitas Siswa, Hasil Belaja
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua