Detail Cantuman Kembali
MIFTAKHUL HUDA - Personal Name

PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 13 SAMARINDA (MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK)

Miftakhul Huda, 2016. Pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar fisika menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas X-1 SMA Negeri 13 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016 (Materi Gelombang Elektromagnetik). Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Drs. M. Yunus, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Nurul Fitriyah Sulaeman, M.Pd selaku pembimbing II.


Mind mapping adalah satu metode dalam mencatat kreatif dengan memetakan pikiran-pikiran kita yang mengembangkan gaya belajar visual. Peta pikiran memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak yang terdapat di dalam diri seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kreativitas siswa setelah menggunakan metode mind mapping. (2) hasil belajar fisika siswa setelah menggunakan metode mind mapping (3) pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar fisika setelah menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Samarinda pada siswa kelas X-1 yang berjumlah 35 siswa. Kreativitas siswa diukur dengan menggunakan angket yang terdiri dari 20 pernyataan. Hasil belajar siswa diukur dengan tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 butir. Diperoleh rata-rata skor kreativitas siswa adalah 76,26 dengan skor tertinggi 88 dan terendah 60. Rata-rata hasil belajar siswa adalah 77,83 dengan nilai tertinggi 92 dan terendah 56. Hasil penelitian tersebut kemudian dianalisis untuk menentukan pengaruh antara kreativitas dan hasil belajar. Diperoleh pengaruh positif antara kedua variabel tersebut dengan kategorikan “Cukup” yakni r square sebesar 0,237 dengan taraf kontribusi kreativitas terhadap hasil belajar sebesar 23,7%. Penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa menggunakan metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar fisika.


Kata kunci : Kreativitas, Hasil Belajar, Metode Mind Mapping.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 13 SAMARINDA (MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK)
Pengarang MIFTAKHUL HUDA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kreativitas, Hasil Belajar, Metode Mind Mapping.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua