Detail Cantuman Kembali
RIO SANDHIKA DARMA - Personal Name

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SAMARINDA (MATERI GERAK LURUS)

Media pembelajaran Quipper School merupakan pembelajaran e-learning, dimana media ini dapat memfasilitasi guru untuk melihat perkembangan kemampuan individu setiap murid. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika melalui penggunaan media pembelajaran Quipper School. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA N 2 Samarinda yang berjumlah 33 siswa. Objek dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran Quipper School. Berdasarkan dari hasil analisis data diketahui bahwa adanya peningkatan skor rata-rata motivasi belajar siswa, pada siklus I skor rata-rata siswa 3,94 yang termasuk dalam kategori “Baik”, pada siklus II skor rata-rata siswa 4,50 dan masih dalam kategori “Sangat Baik”. Sedangkan pada hasil belajar siswa, diketahui bahawa adanya peningkatan pula, pada siklus I nilai rata-rata siswa 74,55 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa di kelas sebesar 60,61% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 80,45 dengan presentase hasil belajar siswa di kelas sebesar 81,82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quipper School dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas X MIPA 1 SMA N 2
Samarinda.

Kata kunci : Quipper School, Motivasi, Hasil Belajar, Gerak Lurus

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SAMARINDA (MATERI GERAK LURUS)
Pengarang RIO SANDHIKA DARMA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Quipper School, Motivasi, Hasil Belajar, Gerak Lur
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua