PENGARUH PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 13 SAMARINDA (Materi : Usaha dan Energi)
Pembelajaran ARIAS adalah kegiatan pembelajaran untuk menanamkan rasa percayadiri/yakin pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh antara model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 13 Samarinda tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel kelas XI IPA 1 sebanyak 37 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif metode korelasional. Pengambilan data untuk pembelajaran ARIAS siswa menggunakan angket, sedangkan untuk hasil belajar adalah dengan menggunakan test pada materi usaha dan energi dan dilaksanakan di akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran ARIAS berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 pada materi usaha dan energi. Besarnya pengaruh pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi yaitu 23,2%, sedangkan 76,8 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati pada penelitian ini.
Kata kunci : Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar, Usaha dan Energi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 13 SAMARINDA (Materi : Usaha dan Energi) |
---|---|
Pengarang | Irmayanti - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar, Usaha dan Energ |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY