Detail Cantuman Kembali
Irmayanti - Personal Name

PENGARUH PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 13 SAMARINDA (Materi : Usaha dan Energi)

Pembelajaran ARIAS adalah kegiatan pembelajaran untuk menanamkan rasa percayadiri/yakin pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh antara model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 13 Samarinda tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel kelas XI IPA 1 sebanyak 37 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif metode korelasional. Pengambilan data untuk pembelajaran ARIAS siswa menggunakan angket, sedangkan untuk hasil belajar adalah dengan menggunakan test pada materi usaha dan energi dan dilaksanakan di akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran ARIAS berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 1 pada materi usaha dan energi. Besarnya pengaruh pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi yaitu 23,2%, sedangkan 76,8 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati pada penelitian ini.

Kata kunci : Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar, Usaha dan Energi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 13 SAMARINDA (Materi : Usaha dan Energi)
Pengarang Irmayanti - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar, Usaha dan Energ
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua