Detail Cantuman Kembali
SANDRA PRATIWI MEDIVA - Personal Name

ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA YANG MENGALAMI MISKONSEPSI PADA POKOK BAHASAN KOLOID SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016

Koloid merupakan salah satu materi pokok yang diajarkan sebagai mata pelajaran kimia di SMA yang cenderung berupa hafalan dan terlalu metematik serta bersifat abstrak, sehingga siswa merasa kesulitan dalam memahami. Konsep yang abstrak dalam materi sistem koloid sangat potensial dalam menimbulkan kesalahan konsep (miskonsepsi). Penelitian yang dilakukan dibanyak Negara yang juga menunjukkan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dapat bersifat resisten dan tanpa batas budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa yang mengalami miskonsepsi pada pokok bahasan koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Pertemuan pertama siswa diminta untuk mengerjakan soal tes miskonsepsi setelah pelaksanaan pembelajaran bab berakhir (sebagai ulangan harian). Pertemuan kedua siswa diminta untuk mengerjakan angket gaya belajar menurut Felder Silverman untuk memperoleh profil gaya belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa yang mengalami miskonsepsi pada pokok bahasan koloid memiliki kecenderungan gaya belajar pada pada dimensi persepsi adalah sensing-intuitive seimbang, pada dimensi input adalah visual-verbal seimbang, dan pada dimensi pemprosesan adalah active-reflektive seimbang, dan dimensi pemahaman adalah sequential-global seimbang.

Kata Kunci : Gaya Belajar Felder-Silverman, Miskonsepsi, Koloid

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA YANG MENGALAMI MISKONSEPSI PADA POKOK BAHASAN KOLOID SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
Pengarang SANDRA PRATIWI MEDIVA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Gaya Belajar Felder-Silverman, Miskonsepsi, Koloid
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua