PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS V SDN 009 SAMARINDA ILIR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
WIDI NURJANAH, 2019, Peningkatan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Tema Benda-benda di Sekitar Kita melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Siswa Kelas V SDN 009 Samarinda Ilir Tahun Pelajaran 2018/2019, skripsi dibimbing oleh (1) Dr. H. Yudho Dwiyono, M.Si dan (2) Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M.Pd
Kata Kunci : Hasil Belajar Muatan IPA, Benda-bena di Sekitar Kita, Model Pembelajaran Numbered Head Togetheri (NHT)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas V SDN 009 Samarinda Ilir pada muatan IPA subtema Benda Tunggal dan Campuran yang masih rendah. Hal ini didasari oleh kecenderungan pada proses pembelajaran yangkurang melibatkan siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan hasil belajar IPA tema Benda-benda di Sekitar Kita melaluiModel Pembelajaran Numbered Head Together Siswa Kelas V SDN 009 Samarinda Ilir Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari rumusan masalah terebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema Benda benda di Sekitar Kita melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Siswa Kelas V SDN 009 Samarinda Ilir Tahun Pelajaran 2018/2019.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas(PTK) yang dilaksakanan selama dua siklus. Satu siklus terdiri dari duapertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Ojek penelitian ini adalah hasil belajar IPA tema Benda-benda di Sekitar Kita melalui model pembelajaran Numbered Head Together. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakanobservasi/pengamatan, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara menggunakan rumus rata-rata dan peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 69,88% dari data awal pada tahap pra siklus dengan nilai rata-rata kelassebesar 45,1 menjadi 76,62. Namun, persentase peningkatan hasil belajar tersebut belum memenuhi indikator keberhasilan penelitian sebesar 75%. Pada siklus II peningkatan hasil belajar mengalami peningkatan menjadi sebesar 97,97% dengan nilai rata-rata sebesar 89,28. Persentase pada tahapan siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian, sehingga penelitian dihentikan pada tahap ini.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar tematik muatan IPA pada siswa kelas V SDN 009 Samarinda Ilir Tahun Pelajaran 2018/2019.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS V SDN 009 SAMARINDA ILIR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | WIDI NURJANAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci : Hasil Belajar Muatan IPA, Benda-bena |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY