Detail Cantuman Kembali
DEDEN AULIA RAHMAN - Personal Name

EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN LOA IPUH DARAT KECAMATAN TENGGARONG (Studi Kasus Pasca Pemekaran Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong)

ABSTRAK
Pada saat ini pemerintah banyak mendapat sorotan dari masyarakat terutama dalam hal pelayanan. Masyarakat sekarang sudah semakin kritis dan menginginkan pelayanan yang maksimal dari pemerintah. Mereka menuntut pelayanan yang efektif dalam berbagai hal. Tidak hanya di pusat pemerintahan, namun disemua tingkat pemerintahan dari pusat sampai ke kelurahan mendapatkan tuntutan yang sama dari publik yaitu pelayanan yang efektif. Menanggapi tuntutan tersebut maka Kelurahan Loa Ipuh dimekarkan menjadi dua yaitu Kelurahan Loa Ipuh Kota (induk) dan Kelurahan Loa Ipuh Darat sebagai hasil pemekaran, dengan tujuan untuk mendekatkan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, percepatan pembangunan, kesejahtraan dan kemakmuran rakyat.
Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Loa Ipuh Darat Kecamatan Tenggarong yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pelayanan Publik di Kelurahan Loa Ipuh Darat Kecamatan Tenggarong (studi Kasus pasca pemekaran kelurahan Loa Ipuh). Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini terdiri dari Kepala Kelurahan (Lurah), Sekretris Lurah, Kasi-kasi yang ada di kentor lurah, ketua-ketua RT, tokoh masyarakat yang mewakili masyarakat Kelurahan Loa Ipuh Darat. Data-data yang dikumpulkan kemudian dideskripsikan dan dianalisis dengan analisis kualitatif.
Hasil temuan dari penelitian ini yaitu sudah mulai efektifnya pelayanan publik yang diberikan oleh aparat Kelurahan Loa Ipuh Darat Kecamatan Tenggarong, hal ini dapat dibuktikan dimana masyarakat mengaku bahwa pelayanan yang diberikan sekarang lebih baik daripada dulu sewaktu masih dibawah Kelurahan Loa Ipuh.


Kata kunci : efektivitas, pelayanan publik, Kelurahan Loa Ipuh Darat

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN LOA IPUH DARAT KECAMATAN TENGGARONG (Studi Kasus Pasca Pemekaran Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong)
Pengarang DEDEN AULIA RAHMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua