Detail Cantuman Kembali
INDAH PERMATA SARI - Personal Name

HUBUNGANLAYANAN INFORMASIBIDANG SOSIAL DENGANPENYESUAIAN DIRISISWAKELAS VII SMP NEGERI 40 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019

Indah Permata Sari, 2019.Hubungan Layanan Informasi Bidang Sosial dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 40Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi,Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh RuryMuslifar, S.Pd, M.Pd., selaku pembimbing I dan Dwi Sona, S.Pd, M.Si. selaku pembimbing II.
Pada dasarnya remaja diharapkan untuk dapat bersikap, berpikir, danberperilaku yang sesuai atau cocok dengan tuntutan lingkungannya sertaeksistensinyasebagai remaja yang dapat memberikansumbanganpositif sebagaikaummuda yang penuhsemangat danpantangmenyerah.Upaya yangdilakukanagar siswa mampu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pada diri danlingkungan sosialnya,salahsatunyaadalahdengan memberikan layanan informasibidang sosial. Layanan informasi bidang sosial merupakan salah satu layanandalam Bimbingan dan Konseling yang diharapkan mampu untuk membantu siswaagar memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang bergunauntuk mengenal diri, merencanakan dan mengambil keputusan, mengembangkanpola kehidupannya, serta tentanglingkungan sosialnya. Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah: apakah ada hubungan antara layanan informasi bidang sosialdengan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara layanan informasi bidang sosial denganpenyesuaian diri siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiankorelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 40 Samarinda yakni padakelas VII sebanyak 133 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 100 siswamenggunakan teknik pengambilansimple random sampling. Pengumpulan datadalam penelitian ini yakni dengan angket. Analisis korelasi dalam penelitian inimenggunakan rumus korelasiPearson product moment. Berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai r (Pearson Correlation) sebesar 0,968. Hasil korelasi inimenunjukkan bahwa terdapat hubungan antara layanan informasi bidang sosialdengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 40 Samarinda, sehinggadapat disimpulkan bahwa semakin baik layanan informasi bidang sosial yang diperoleh siswa maka semakin baik pula penyesuaian diri siswa.
Kata Kunci:Layanan Informasi, Penyesuaian Diri


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGANLAYANAN INFORMASIBIDANG SOSIAL DENGANPENYESUAIAN DIRISISWAKELAS VII SMP NEGERI 40 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang INDAH PERMATA SARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci:Layanan Informasi, Penyesuaian Diri
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua