Detail Cantuman Kembali

PENERAPAN LKPD IPS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE STRUCTURED PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 TENGGARONG SEBERANG


Dorkas Ria Marcelina Nainggolan, 2019. Penerapan LKPD IPS BerbasisModel Pembelajaran Kolaboratif Tipe Structured Problem Solving Dalam Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas VII diSMP Negeri 1 Tenggarong Seberang. Penilitian ini dibimbing oleh Dr.Sudarman, S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Drs. NasibSubagio, M.Si selaku dosenpembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) mengetahui ketuntasan hasil belajarsiswa kelas VII A SMP Negeri 1 Tenggarong Seberang dengan penerapan LKPDIPS berbasis model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Structured Problem Solving;(2) mengetahui cara menerapkan LKPD IPS berbasis Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Structured Problem Solving dalam meningkatkanketuntasan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Tenggarong Seberang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yangdilaksanakan dalam dua siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasVII A SMP Negeri 1 Tenggarong Seberang yang berjumlah 32 siswa. Teknikpengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar
dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik analisisdeskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% dari jumlahsiswa mencapai KKM yang ditentukan yaitu = 75.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dengan diterapkannya LKPD IPS berbasis model PembelajaranKolaboratif Tipe Structured Problem Solving pada setiap siklusnya, pada siklus Inilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 70 (59,3%) sedangkan pada siklusII diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 82,3 (81,25%).
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan LKPD IPS berbasis model pembelajaran kolaboratif tipe structuredproblem solving dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Hal ini dapatdilihat dari selisih peningkatan ketuntasan hasil belajar (siklus I ke siklus II sebesar 21,95%)
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kolaboratif, LKPD, Stuctured Problem Solving



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN LKPD IPS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE STRUCTURED PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 TENGGARONG SEBERANG
Pengarang DORKAS RIA MARCELINA NAINGGOLAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Hasil Belajar, Kolaboratif, LKPD, Stu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua