Detail Cantuman Kembali
ANGGILIA CAHYANTI - Personal Name

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIRS SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SANGATTA UTARA PADA MATERI KOLOID

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sangatta Utara Pada Materi Koloid. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang masing-masing berjumlah 36 siswa setiap kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai post test dan ulangan harian. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan uji F untuk menentukan variansi kedua kelas tersebut, kemudian dilanjutkan uji t untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas XI IPA 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah 78,39. Nilai rata-rata siswa kelas XI IPA 2 menggunakan modul dalam model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah 83,68. Data dianalisis dengan menggunakan uji F untuk kedua sampel bebas diperoleh Fhitung = 1,35 dan Ftabel =1,69, sehingga Fhitung < Ftabel, maka Ho diterima dan Hα ditolak yang artinya data homogen. Kemudian dilakukan uji lanjut yaitu uji t, diperoleh thitung = 4,63 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel, maka Hα diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh penggunaan modul dalam model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sangatta Utara Pada Materi Koloid

Kata kunci : modul, model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share), hasil belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENGGUNAAN MODUL DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIRS SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SANGATTA UTARA PADA MATERI KOLOID
Pengarang ANGGILIA CAHYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek modul, model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share),
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua