Detail Cantuman Kembali
DEWI WULAN DARI - Personal Name

HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019


Dewi Wulan Dari, 2019. Hubungan Perhatian OrangTua dengan HasilBelajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dibimbing oleh Dydik Kurniawan,S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Sudilah Mangkuwiata, M.Pd selaku pembimbing II.
Perhatian orangtua adalah salah satu faktor yang mempengaruhi hasilbelajar siswa, dengan semakin besar perhatian orangtua maka hasil belajar siswajuga akan meningkat begitu pula sebaliknya apabila perhatian orangtua siswarendah maka hasil belajar siswa juga dapat meningkat atau bahkan menurun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 10Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi padapenelitian ini berjumlah 355 siswa dengan sampel 129 siswa menggunakan teknikpengambilan sampel cluster random sampling. Pengumpulan data dalapenelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi, untuk uji hipotesis dengan uji validitas dan uji reliabilitas dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Uji prasyaratan analisis untuk normalitas memakai uji Kolmogrov-Smirnov diperoleh hasil 0,302 > 0,05, H diterima, maka data berdistribusi normal, untuk hasil uji linearitas sebesar 0,605 > 0,05, Ha diterima, maka terdapat hubungan yang linear.
Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian tidakterdapat hubungan antara perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa denganperhitungan analisa Product Moment diperoleh hasil r sebesar 0,1716 dimana r hitung< ratable hitung sebesar 0,049 dan r ; 0,049 < 0,1716 maka Ha ditolak dan H diterima. Kesimpulan dari penelitian ini tidak terdapat hubungan antara perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa, artinya perhatian orangtua tidak menjamin dan tidak menjadi faktor dalam peningkatan dan menurunnya hasil belajar siswakelas VII SMP Negeri 10 Samarinda, disamping itu faktor-faktor tersebut adalahsiswa yang memang memiliki kecerdasan intelektual, minat dan kemauan belajar siswa yang tinggi dan kemampuan memotivasi diri sendiri yang cukup tinggi sehingga hasil belajar yang didapatkan baik meskipun perhatian yang diberikan oleh orangtua kurang.
Kata kunci: Hasil belajar, perhatian orangtua


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang DEWI WULAN DARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci: Hasil belajar, perhatian orangtua
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua