Detail Cantuman Kembali
RISKA DAMIYATI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM TEMA 2 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN 007 LOA JANAN ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2019/ 2020



Riska Damiyati, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang sumber DayaAlam dan Pemanfaatanya Tema 2 melalui Model Pembelajaran picture and picture pada Siswa Kelas IV SDN 007 Loa Janan Ilir Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pembimbing I Dra Hj. Tri Wahyuningsih, M. Si dan Pembimbing II Drs. H. Sunarno, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Sumber Daya Alam dan pemanfaatanya, Pembelajaran Kooperatif, picture and picture.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas lV SDN 007 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2018/2019 khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi sumber daya alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada siswa kelas IV SDN 007 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2019/ 2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prodesurpenelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan tindakan, tindakanpelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswikelas V SDN 007 Loa Janan Ilir yang berjumlah 34 siswa dan objek penelitian iniadalah peningkatan hasil belajar IPS materi Sumber Daya Alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Teknik pengumpulan data padapenelitian ini menggunakan observasi guru dan siswa, tes dan dokumentasi. Teknikanalisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, peningkatan hasil belajar setiap siklus.
Data Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan modelpembelajaran kooperatif picture and picture pada siswa kelas IV-C SDN 007 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2019/2020 meningkat. Nilai rata-rata Nilai Dasarnilai rata-rata 56,5 dengan pressentase ketuntasan 8,82%, dimana 25 siswa yang tidak tuntas. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil belajar siswa pada siklus Imengalami peningkatan sebesar 2,578% dengan rata-rata nilai dengan presentaseketuntasan 32,35% dimana 11 siswa yang tuntas dan 23 siswa yang tidak tuntas.
Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 32,49%, denganrata-rata 77,11% dengan presentase ketuntasan 50% dimana 17 siswa tuntas dan 17siswa yang belum tuntas. Hasil belajar siswa pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 95,17%, dengan rata-rata nilai 82,61 dengan presentaseketuntasan 82,35% dimana 28 siswa yang tuntas, Berdasarkan hasil penelitiantindakan kelas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS mengidentifikasi Sumber Daya Alam dan Pemanfaatanya pada siswa kelas IV-CSDN 007 Loa Janan Ilir tahun Pembelajaran 2019-2020.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM TEMA 2 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN 007 LOA JANAN ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2019/ 2020
Pengarang RISKA DAMIYATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Sumber Daya Alam da
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua