Detail Cantuman Kembali
PUTRI AISYAH - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MAKE A MATCH DAN CARD SORT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 27 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Putri Aisyah. 2016. Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Make a Match dan Card Sort Siswa kelas VII SMP Negeri 27 Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd selaku Pembimbing satu dan Ibu Dr. Elsje Theodora, MPd sebagai Pembimbing dua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Make a Match dan Card Sort siswa kelas VII SMP negeri 27 Samarinda tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Strategi pembelajaran aktif tipe Make a Match dan Strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort sebagai variabel bebas. Hasil belajar kognitif sebagai variabel terikat. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII D sebagai kelas yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Make a Match dan VII E sebagai kelas yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk data hasil H0 dan Ha diperoleh data thitung (3,38) sedangkan ttabel (2,03). Karena thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA Biologi dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Make a Match dan Card Sort siswa kelas VII SMP negeri 27 Samarinda tahun pembelajaran 2016/2017.

Kata kunci : Make a Match, Card Sort, Hasil Belajar Kognitif, IPA-Biologi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MAKE A MATCH DAN CARD SORT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 27 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Pengarang PUTRI AISYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Make a Match, Card Sort, Hasil Belajar Kognitif, I
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua