PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMPIT CORDOVA SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Sarayanti Duta Ramadhana, Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi Siswa Kelas VII di SMPIT Cordova Samarinda Tahun Pembelajaran 2015 / 2016, di bawah bimbingan Ibu Masitah dan Bapak Hasby.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar kognitif IPA biologi siswa kelas VII di SMPIT Cordova Samarinda tahun pembelajaran 2015/2016
Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dan mengembangkan daya pikir melalui media pembelajaran Crossword Puzzle atau teka-teki silang dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
Perhitungan data dilakukan menggunakan nilai rata-rata pretest dan rata-rata posttest. Hasil analisis data menggunakan uji t, data yang diperoleh di dapatkan nilai rata-rata posttest kelas yang menggunakan media Crossword Puzzle sebesar 87,17 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas yang tidak menggunakan media Crossword Puzzle sebesar 84,56.
Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa t hitung 1,29 < t tabel dengan taraf 5% yaitu 1,68. Ini berarti tidak terdapat pengaruh media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa kelas VII di SMPIT Cordova tahun pembelajaran 2015 / 2016.
Kata kunci : media pembelajaran crossword puzzle, hasil belajar kognitif, IPA biologi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMPIT CORDOVA SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | SARAYANTI DUTA RAMADHANA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | media pembelajaran crossword puzzle, hasil belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY