Detail Cantuman Kembali
BUDI SANTOSO - Personal Name

UJI EFEKTIFITAS AKTIVATOR ASAL MIKROORGANISME LOKAL TERHADAP SIFAT KIMIA (C-ORGANIK, N-TOTAL, C/N RASIO, P, K, DAN pH) KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT

ABSTRAK
BUDI SANTOSO. Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, 2015. Uji Efektifitas Aktivator Asal Mikroorganisme Lokal Terhadap Sifat Kimia (C-Organik, N-Total, C/N Rasio, P, K, dan pH) Kompos Tandan Kosong Kelapa Sawit (Dibimbing oleh Roro Kesumaningwati dan Nurul Puspita Palupi)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu kompos tandan kosong kelapa sawit dengan pemberian beberapa larutan MOL dan memperoleh MOL larutan yang memberikan hasil terbaik terhadap mutu tandan kosong kelapa sawit.
Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, mulai september-november 2014. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL). Dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Percobaan terdiri atas: M0 (kontrol); M1 (keong mas); M2 (bonggol pisang); M3 (rebung); M4 (sayuran). Analisis kompos dilakukan di Laboratorium Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian larutan MOL yang terbaik dalam menurunkan C/N rasio adalah keong mas (19,38); C-organik adalah kontrol (55,29%); N-Total adalah keong mas (2,8%); pH adalah rebung dan sayuran (8,59); K2O5 adalah bonggol pisang (0,41%); P2O5 adalah sayuran (1,85%).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UJI EFEKTIFITAS AKTIVATOR ASAL MIKROORGANISME LOKAL TERHADAP SIFAT KIMIA (C-ORGANIK, N-TOTAL, C/N RASIO, P, K, DAN pH) KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT
Pengarang BUDI SANTOSO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua