PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA POWER POINT DAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS VIII SMPN 5 BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017
Ardiana Devy Saputri. 2016. Perbandingan hasil belajar biologi menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Power Point dan Problem Based Learning (PBL) dengan Media Komik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Balikpapan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini di bawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd selaku Pembimbing satu dan Ibu Dr. Elsje Theodora M, M.Pd selaku Pembimbing dua.
Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat menyebabkan pengetahuan yang diperoleh siswa tidak dapat berkembang secara maksimal. Hal ini dapat memunculkan efek kejenuhan dan siswa menjadi kurang aktif yang mengakibatkan rendahnya respon siswa dalam proses pembelajaran yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar yang tidak sesuai harapan, terutama hasil belajar biologi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Biologi menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Power Point dan Problem Based Learning (PBL) dengan Media Komik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Balikpapan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group. Model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) dengan Media Power Point dan Problem Based Learning (PBL) dengan Media Komik sebagai variabel bebas.Hasil belajar Biologi sebagai variabel terikat. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen satu dan VIII 6 sebagai kelas eksperimen dua.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk data hasil H0 dan Ha diperoleh data thitung (3,46) sedangkan ttabel (2,06). Karena thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar Biologi menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Power Point dan Problem Based Learning (PBL) dengan Media Komik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Balikpapan tahun ajaran 2016/2017.
Kata kunci : problem based learning, media power point, media komik, hasil belajar biologi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA POWER POINT DAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS VIII SMPN 5 BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | ARDIANA DEVY SAPUTRI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | problem based learning, media power point, media k |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY