Detail Cantuman Kembali
NI'MATUL AULIA - Personal Name

PENGARUH SUHU DAN LAMA PENYIMPANAN TELUR AYAM KAMPUNG TERHADAP ANGKA LEMPENG TOTAL DAN ANGKA Staphylococcus aureus

Niā€™matul Aulia. Pengaruh Suhu dan Lama Penyimpanan Telur Ayam Kampung terhadap Angka Lempeng Total dan Angka Staphylococcus aureus. Dibawah bimbingan Dr. Didimus Tanah Boleng, M.Kes selaku Pembimbing I dan Dr. Sonja V.T. Lumowa, M.Kes selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu dan lama penyimpanan telur ayam kampung terhadap Angka Lempeng Total dan Angka Staphylococcus aureus. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan di Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Kalimantan Timur.

Penelitian ini menggunakan sampel telur ayam kampung sebanyak 36 butir, terdiri dari 18 butir disimpan pada suhu kamar (25 o C) dan 18 butir pada suhu refrigerator (4oC). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua perlakuan yaitu disimpan pada suhu refrigerator dan disimpan pada suhu kamar dengan waktu pengamatan hari ke-14 dan hari ke-21.

Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANAVA) pabila hasilnya berbeda nyata dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan suhu dan lama penyimpanan telur ayam kampung tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Angka Lempeng Total dan Angka Staphylococcus aureus. Hasil analisis data pada pengujian pengaruh suhu dan lama penyimpanan terhadap Angka Lempeng Total memberikan hasil F hitung (3,18) < Ftabe taraf signifikan 5% (5,32) yang berarti H o diterima dan H a ditolak. Sehingga, pemberian perlakuan suhu dan lama penyimpanan telur ayam kampung tidak memberikan pengaruh terhadap Angka Lempeng Total.

Pada hasil pengujian Staphylococcus aureus tidak ditemukan adanya koloni Staphylococcus aureus pada sampel. Oleh karena itu, data yang didapat tidak perlu dianalisis. Sehingga, pemberian perlakuan suhu dan lama penyimpanan telur ayam kampung tidak memberikan pengaruh terhadap Angka Staphylococcus aureus.

Kata Kunci: suhu, lama penyimpanan, Angka Lempeng Total, Staphylococcus aureus

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH SUHU DAN LAMA PENYIMPANAN TELUR AYAM KAMPUNG TERHADAP ANGKA LEMPENG TOTAL DAN ANGKA Staphylococcus aureus
Pengarang NI'MATUL AULIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek suhu, lama penyimpanan, Angka Lempeng Total, Staph
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua