Detail Cantuman Kembali
SITI MUSRIAH - Personal Name

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK SERTA PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV A SDN 003 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Siti Musriah, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya dan Gerak serta Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning pada Siswa Kelas IV A SDN 003 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pembimbing I Drs. Benyamin Matius, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. Kusdar, M.Ag.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Gaya dan Gerak, model Guided Discovery Learning.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang diperoleh pada materi gaya dan gerak kelas IV A SDN 003 Sungai Pinang. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan hasil belajar IPAmateri gaya dan gerak serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning pada siswa kelas IV A SDN 003 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2018/2019. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gaya dangerak serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakanmodel pembelajaran Guided Discovery Learning pada siswa kelas IV A SDN 003 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IVA SDN 003 Sungai Pinang yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki dan objek penelitian ini adalah untuk melihathasil belajar IPA dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan modelpembelajaran Guided Discovery Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi/pengamatan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata dan persentase dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasanbelajar pada setiap siklus. Peningkatan yang didapat pada siklus I adalah sebesar 45,2% dari nilai rata-rata pra siklus 44,7 meningkat menjadi 64,9 pada siklus I.
Persentase ketuntasan belajar pada pra siklus 8,8% meningkat pada siklus I dengan persentase ketuntasan 20,6%. Peningkatan yang didapat pada siklus II adalah sebesar 77,2% dari nilai rata-rata pra siklus 44,7 meningkat menjadi 79,2 II. Persentase ketuntasan belajar pada pra siklus 8,8% meningkat menjadi 82,4% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning hasil belajar IPA siswa materi gaya dan gerak serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dikelas IV A SDN 003Sungai Pinang tahun pembelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK SERTA PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV A SDN 003 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang SITI MUSRIAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Gaya dan Gerak, mod
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua