MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK SERTA PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV A SDN 003 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Siti Musriah, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya dan Gerak serta Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning pada Siswa Kelas IV A SDN 003 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pembimbing I Drs. Benyamin Matius, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. Kusdar, M.Ag.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Gaya dan Gerak, model Guided Discovery Learning.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang diperoleh pada materi gaya dan gerak kelas IV A SDN 003 Sungai Pinang. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan hasil belajar IPAmateri gaya dan gerak serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning pada siswa kelas IV A SDN 003 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2018/2019. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gaya dangerak serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakanmodel pembelajaran Guided Discovery Learning pada siswa kelas IV A SDN 003 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IVA SDN 003 Sungai Pinang yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki dan objek penelitian ini adalah untuk melihathasil belajar IPA dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan modelpembelajaran Guided Discovery Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi/pengamatan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata dan persentase dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasanbelajar pada setiap siklus. Peningkatan yang didapat pada siklus I adalah sebesar 45,2% dari nilai rata-rata pra siklus 44,7 meningkat menjadi 64,9 pada siklus I.
Persentase ketuntasan belajar pada pra siklus 8,8% meningkat pada siklus I dengan persentase ketuntasan 20,6%. Peningkatan yang didapat pada siklus II adalah sebesar 77,2% dari nilai rata-rata pra siklus 44,7 meningkat menjadi 79,2 II. Persentase ketuntasan belajar pada pra siklus 8,8% meningkat menjadi 82,4% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning hasil belajar IPA siswa materi gaya dan gerak serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dikelas IV A SDN 003Sungai Pinang tahun pembelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK SERTA PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV A SDN 003 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | SITI MUSRIAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Gaya dan Gerak, mod |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY