PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MARANGKAYU (Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia)
Dzakiyyah, 2019 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Geografi. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Muliati Syam, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Dr. H. Rahmadi, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang mengembangkan kemampuan intelektual peserta didik. Pada pembelajaran inkuiri inisiswa ditempatkan sebagai sumber belajar, sehingga siswa dituntut untuk berperan aktif pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar geografi peserta didik setelah diajarkan dengan menggunakan model peembelajaran inkuiri terbimbing dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar geografi peserta didik di SMA Negeri 1 Marangkayu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik Pengumpulan data yaitu; observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MARANGKAYU (Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia) |
---|---|
Pengarang | DZAKIYYAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci : Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbin |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY