PENINGKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI PENDEKATAN PROSES SISWA KELAS X SMA ISLAM SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan pembelajaran dan motivasi menulis paragraf argumentasi melalui pendekatan proses, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan (pramenulis, menulis, dan pascamenulis), dan evaluasi pada siswa kelas X-C SMA Islam Samarinda.
Perencanaan dilakukan guru dan peneliti secara kolaborasi untuk menyusun rancangan pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf argumentasi menggunakan kegiatan menulis proses dengan tahap pramenulis, tahap menulis, dan tahap pascamenulis. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses menunjukkan peningkatan efektivitas dalam memberikan arahan kepada guru tentang aktivitas yang harus dilakukan dan kemampuan yang harus dikuasai siswa. Evaluasi hasil tentang kemajuan belajar siswa menunjukkan hasil belajar siswa meningkat pada siklus 1 rata-rata 52,3 % sedangkan pada 73,2 %, frekuensi kenaikan persentase tersebut menggambarkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran yang disampaikan guru, dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, penuh rasa tanggung jawab.
Sedangkan pada motivasi menulis siswa adanya peningkatan dibeberapa aspek yaitu: (1) kesungguhan siswa selama mengikuti pembelajaran. Pada aspek ini siswa mulai memperhatikan guru dan peningkatan konsentrasi siswa saat pembelajaran berlangsung, pada saat siklus 1 sebesar 3,17 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 4,83. (2) aspek keaktifan siswa saat mengikuti pembelajaran. pada saat pada siklus 1 sebesar 2,82 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 4,5. (3) aspek antusias siswa dalam mengikuti siswa. pada saat pada siklus 1 sebesar 2,33 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 4,67. (4) siswa tidak mudah putus asa dalam mengerjakan tugas. pada saat pada siklus 1 sebesar 2,33 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 4,16. (5) siswa mengerjakan tugas tepat waktu. pada saat pada siklus 1 sebesar 2,33 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 4,16. (6) siswa untuk berusaha mendapatkan nilai yang memuaskan. pada saat pada siklus 1 sebesar 2,33 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 4,16. Dengan demikian keterampilan menulis argumentasi dan motivasi siswa meningkat dalam pembelajaran menulis argumentasi melalui pendekatan proses.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI PENDEKATAN PROSES SISWA KELAS X SMA ISLAM SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | ERWIN WIDODO - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Menulis paragraf argumentasi, motivasi, pendekatan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY