Detail Cantuman Kembali
INDRA KESUMA - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS IV SDN 012 SAMARINDA KOTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019



Indra kesuma, 2019. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas Iv SDN 012 Samarinda Kota Tahun Pelajaran 2018/2019. Pembimbing I Drs. H. Yudo Dwiyono M.Si, dan Pembimbing II Drs. H. Ahmad Ridhani, M.Pd
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Contextual Teaching And Learning
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 012 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2018/2019 khususnya pada matapelajaran IPA dalam Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Rumusan masalah penelitian ini Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas Iv Sdn 012 Samarinda Kota Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangdilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.
Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dab (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa siswi kelas IV SDN 012 Samarinda Kota yang berjumlah 21 siswa dengan objek individu.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dandokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rata-rata, presentase, dan grafik.
Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa pada pra siklusmemperoleh rata-rata kelas 44,33 dengan ketuntasan 23,08% predikat Sangat Kurang. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 41,7%dari nilai dasar pada pra siklus, dengan rata-rata klasikal 62 dengan persentase ketuntasan 38,09% predikat Kurang. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 66,4% dari nilai dasar pada pra siklus, dengan rata-rata klasikal 79 dengan persentase ketuntasan 80,1% predikat Cukup. Dari hasil penelitian diatas dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA dengan Model Kontekstual pada siswa kelas IV SDN 012 Samarinda Kota.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS IV SDN 012 SAMARINDA KOTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Pengarang INDRA KESUMA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Contextual T
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua