Detail Cantuman Kembali
AFRILIA FARASITA - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAN GERAK SUBTEMA 1 MELALUI MODEL KOOPERATIF TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019

Afrilia Farasita, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Gaya dan Gerak melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Samarinda Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dibimbing oleh Iksam, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. La Djangka, M.Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA Gaya dan Gerak, Model Talking Stick Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 006 Samarinda Utaratahun pembelajaran 2018/2019 khususnya tentang gaya dan gerak. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak melaluimodel pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas IV SDN 006 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2018/2019”.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak melalui model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas IV SDN 006 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 006 Samaarinda Utara yang berjumlah 23 siswa, dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa menggunakan modelpembelajaran Talking Stick Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata, rumus persentaseketuntasan, dan rumus peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa sebesar 30,75% dari nilai rata-rata sebesar 51,74 pada pra siklus menjadi 67,39 dengan persentase ketuntasan sebesar 69,57%. Pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar IPA siswa sebesar 50,00% dengan nilai rata-rata sebesar 76,30 dan persentaseketuntasan 82,61%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak melalui model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas IV SDN 006 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2018/2019.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAN GERAK SUBTEMA 1 MELALUI MODEL KOOPERATIF TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang AFRILIA FARASITA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Hasil Belajar IPA Gaya dan Gerak, Mode
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua