PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA PADA KOMPETENSI LARUTAN ASAM BASA UNTUK SISWA SMK SESUAI KURIKULUM 2013
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui efektifitas penggunaan modul pembelajaran kurikulum 2013 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas, (2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa selama menggunakan modul pembelajaran kurikulum 2013 di kelas, yang dilatarbelakangi oleh belum adanya modul pembelajaran Kimia yang sesuai dengan kurikulum 2013 di SMK Negeri 6 Samarinda.
Penelitian ini dilaksanakan mengikuti rancangan Model Dick and Carey, dikombinasikan dengan Metode Research and Development (R &D) menurut Sugiyono.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah layak, dan efektif untuk diujicobakan di Kelas XI TAB SMK Negeri 6 Samarinda pada tahun pelajaran 2015/2016. Layak terlihat dari penilaian validator terhadap modul pembelajaran kurikulum 2013. Efektif terlihat dari ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal hasil tes pengetahuan siswa. Motivasi belajar siswa terlihat dari hasil angket motivasi.
Skor rata-rata dari validator (ahli materi) adalah 3,5 dan skor rata-rata dari ahli desain adalah 3,8. Ketuntasan klasikal dari penelitian ini adalah 86,67% yang berarti tes hasil belajar dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 80. Sedangkan Rata-rata nilai angket motivasi belajar adalah 122,97.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA PADA KOMPETENSI LARUTAN ASAM BASA UNTUK SISWA SMK SESUAI KURIKULUM 2013 |
---|---|
Pengarang | NIMAS NUR FITHRIA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Pengembangan, Modul Pembelajaran, Kurikulum 2013 |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY