Detail Cantuman Kembali
WAHYUTIKA CHANDRA KASIH - Personal Name

ANALISIS PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA RELIGI PADA ISLAMIC CENTER KALIMANTAN TIMUR DI KOTA SAMARINDA


Wahyutika Chandra Kasih, 1502095049, Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, “Analisis Pengembangan Destinasi Wisata Religi Pada Islamic Center Kalimantan Timur Di Kota Samarinda”. Dibawah bimbingan Bapak Fareis Althalets, S.Par., MM dan Bapak Mansyur, SE., M.Si.
Pariwisata merupakan salah satu sektor potensial yang dapat menarik sektorlain untuk berkembang. Pengembangannya yang belum optimal memerlukan suatuperencanaan yang menggunakan konsep pengembangan untuk meningkatkanpotensi wisata dengan mengoptimalkan attraction, amenities, dan accesibility. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan destinasi wisata religi Islamic Center Kalimantan Timur, faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan wisata serta menentukan strategi pengembangan bagi destinasi wisata religi Islamic Center Kalimantan Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Peneliti akan menggambarkan tentang keadaan lapangan dan mengajukan sebuah strategi pengembangan sebagai bahan rekomendasi bagi pengelola objek wisata. Dengan teknik pengumpulan databerupa kuisioner, observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data berupa SWOT.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pihak pengelola belum sepenuhnyamelakukan perencanaan pengembangan dibidang wisata. Attraction, amenities, dan accesibility masih perlu dilakukan upaya pengembangannya mengingat destinasi wisata religi Islamic Center Kalimantan Timur memiliki potensi yang besar. Strategi SO merupakan strategi yang dapat dimanfaatkan oleh pihak pengelola objek wisata berupa : 1) Mengelola dan mengoptimalkan potensi daya tarik wisata, 2) Meningkatkan kinerja pengelola pariwisata, 3) Mengadakan event atau kegiatanrutin. Sedangkan faktor pendukung pengembangan yaitu, adanya peran pemerintah,mudahnya koordinasi antar pihak terkait, serta sarana dan prasarana yang telah memadai. Faktor penghambat pengembangan, yaitu minimnya anggaran biaya dari pemerintah dan sumber daya manusia yang masih memiliki korelasi yang kurang solid.
Kata Kunci : Pengembangan, Analisis SWOT, Wisata Religi


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA RELIGI PADA ISLAMIC CENTER KALIMANTAN TIMUR DI KOTA SAMARINDA
Pengarang WAHYUTIKA CHANDRA KASIH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Pengembangan, Analisis SWOT, Wisata R
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan S1-ADMINISTRASI BISNIS
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua